Benar saja bahwa menjadi fundamental perkembangan industri lainnya, tak terkecuali untuk industri kesehatan, buktinya dengna gadget yang kita miliki, kita bisa mengetahui kondisi badan dan kebiasaan kita. Sebut saja detak jantung, kadar oksigen, kualitas tidur, jumlah langkah sampai kebiasaan buruk seperti duduk terlalu lama bisa ditangkap oleh gadget kita secara terukur. Salah satu aplikasi yang memfasilitas fitur-fitur tersebut adalah Zepp.

Sejarah Zepp

Pengguna xiaomi garis keras mungkin sudah familiar, karena Zepp ini adalah rebranding dari aplikasi Mi Fit, aplikasi kesehatan buatan Xiaomi. Pengguna wearable gadget: smartband, smartwatch produksi Xiaomi bisa memantau semua statistik yang direkam. Keinginan untuk membuat gaya hidup sehat berdampingin dengan teknologi membuat, Amaxfit yang merupakan inisiator pengembang aplikasi dengan persetujaun Xiaomi me-rebranding Mi Fit menjadi Zepp Life.

Kini Zepp Life tidak hanya bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan produk wearable gadget produksi xiaomi, tapi bisa dari brand lainnya. Bahkan tanpa wearable gadget juga bisa tetap digunakan, tapi jelas akan lebih optimal dan memudahkan ketika terintegrasi dengan smart band atau smart watch. Dan kini Zepp Life bisa digunakan baik di sistem operasi Android dan iOS. Zepp Life ingin menjangkau lebih banyak pengguna untuk membesarkan pasar mereka.

Top Features

Dari screenshot tampilan Zepp Life di atas, sudah terpampang fitur yang secara statistik bisa membantumu untuk mengetahui kondisi kesehatanmu:

  1. Langkah kaki: jalan kaki nyatanya bisa membantumu untuk tetap sehat. Setiap langkah bisa menyehatkan jantung dan memastikan badan tetap bergerak. Di aplikasi ini kamu bisa mentargetkan berapa langkah dalam 1 hari. Dengan wearable gadget yang selalu terpasang akan membantu aplikasi merekam dan menghitungnya secara real-time.
  2. Informasi olah raga: kamu suka jalan kaki, jogging atau runing, dan bersepeda? Aplikasi ini bisa menyesuaikan. Tidak hanya merekam durasi dan jarak olah ragamu, aplikasi ini juga memvisualkan dalam bentuk peta yang menggambarkan rute mana yang kamu lewati selama berolah raga.
  3. Sleep score: ketika kamu mengenakan smartband atau smartwatch saat tidur, gadget tersebut secara periodik akan mengecek denyut jantungmu untuk mendeteksi kualitas tidurmu. Dan ketika bangun tidur, kita bisa melihat hasilnya: apakah tidur kita berkualitas ataukah ternyata tidur kita banyak gangguan. Di sini kita bisa melihat secara obyektif bahwa durasi tidur yang panjang tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas tidurnya.
  4. Detak jantung: fitur utama yang di semua smartband dan smartwatch pasti sudah tersedia. Kita bisa mengatur intensitas gadget dan aplikasi mendeteksi detak jantung kita. Kita bisa mengaturnya secara real-time, tiap 5 menit, tiap 1 jam, dan seterusnya. Semakin sering tentu berpengaruh kepada ketahanan baterai karena sensor akan semakin sering bekerja.

Memaksimalkan Zepp Life

Jika kamu memang berniat untuk memulai gaya hidup sehat. Kamu bisa memulai dari aplikasi ini dengan:

  1. Masukkan data pribadi: berikan informasi umur, tinggi badan, berat badan sekarang. Informasi fundamental yang akan membantu aplikasi mengenali kondisi tubuhmu saat ini
  2. Masukkan target: tentu kamu ingin mencapai titik tertentu dalam kesehatanmu, bisa dari sisi jumlah langkah, penurunan berat badan, atau durasi dan jarak bersepada.
  3. Pantau aktivitas: semua pengaturan dan target sudah di-set, tinggal lakukan semua aktivitas dan terus pantau. Semakin hari kamu akan menemukan pola dan target yang realistis untuk badanmu, kamu bisa menyesuaikannya sewaktu-waktu
  4. Improve: setiap pencapaian menjadi batu loncatan untuk pencapaian berikutnya. Selalu tingkatkan target ketika kamu sudah merasa target yang sekarang sudah mudah dan sering dicapai.
Share This

Share This

Share this post with your friends!