Social media, blog, website, marketplace, dan platform digital lainnya menjadi checklist wajib para pemilik produk dan jasa karena mudah, murah, dan terukur. Mudah karena membangun asset digital (non fisik) jelas tidak seberat membangun asset fisik. Murah karena tidak memakan biaya yang banyak, bahkan social media saja kita gratis untuk mendaftar dan menggunakannya. Terukur karena kita bisa mendapatkan statistik dari medium digital yang kita kelola.

Dibalik kemudahan dan keterjangkauannya membuat persaingan antar produk dan jasa semakin tinggi. Terlebih di platform digital, para target market kita hanya bertemu dengan konten promosi yang kita publikasikan, buka bertemu, bertatap muka, dan berkomunikasi langsung seperti di offline. Salah satu kesulitan yang terbesar adalah bagaimana membuat konten yang benar-benar membuat orang berhenti, menyimak sampai habis, dan mengarahkan mereka untuk melakukan action: entah itu membeli produk, mengkontak admin, atau menyebarkan konten.

Di sini kita tahu bahwa konten yang menarik adalah kuncinya. Masalahnya tidak semua tahu bagaimana membuat pengunjung melirik dan memutuskan melihat konten kita. Kata-kata yang menarik pasti membuat mata terbelalak dan menghentikan jari pengunjung untuk terus scroll atau swipe. Ada beberapa kata yang membuat pengunjung terhenti, biasa disebut dengan kata ajaib.

Sebab Akibat

Pertanyaan “WHY” menjadi pertanyaan pertama yang pasti ditanyakan ke diri para pengunjung ketika melihat konten tertentu, terlebih kontennya sudah jelas konten promosi. Pengunjung ingin lebih melakukan sesuatu jika kita memberikan alasan “mengapa mereka harus melakukan hal tertentu”.

Kata ajaib yang bisa kamu gunakan adalah “Karena”, “Soalnya”, “Makanya”, “Hasilnya”, “Bisa Bikin Kamu…”. Contohnya kamu membuat konten dengan headline “Lakukan 5 hal ini, dalam seminggu bisa bikin kamu makin sehat”.

Kelangkaan

Dalam berbagai aspek, kita suka berkompetisi dengan orang lain. Kita ingin selalu terdepan, kita ingin menjadi yang pertama, kita ingin menjadi satu-satunya. Itulah kenapa kelangkaan menjadikan emosi orang untuk segera bergerak karena secara psikologis merasa harus segera melakukan action, jika tidak, dia pasti kehilangan kesempatan tersebut. Itulah kenapa produk yang dipasarkan secara terbatas atau limited editino justru semakin menarik.

Kata ajaib yang bisa kamu gunakan untuk menggambarkan kelangkaan adalah “Diskon berlaku selama …”, “Jadilah yang pertama untuk mendapatkan …”, “Eksklusif”, “Terbatas”, “Buruan sebelum kehabisan”.

Terpercaya

Di dunia internet yang minim atau bahkan tidak ada interaksi dua arah, kepercayaan pengunjung adalah harga yang mahal untuk para product owner. Kamu harus membuat pengunjung percaya dengan kualitas produk atau layanan yang dipromosikan.

Kata ajain yang bisa kamu gunakan untuk semakin membuat target marketmu percaya adalah “Dijamin”, “Terlindungi”, “Terbukti”, “Sudah banyak terjual”, “Teruji”, “Sudah banyak direview”.

Sekarang kamu sudah tahu kata ajaibnya. Selamat bereksplorasi dan selamat mencoba!

Share This

Share This

Share this post with your friends!