Cikal bakal WhatsApp adalah kegelisahan sang penemu: Jan Koum yang saat itu merasa tarif komunikasi baik seluler dan internet tidak terjangkau untuk dia bisa berkomunikasi dengan koleganya di negara asalnya, Ukraina. Akhirnya mantan karyawan Yahoo, 9 tahun setelah resign merilis aplikasi bernama WhatsApp. Gratis, cepat, user friendly, dan yang utama adalah tanpa iklan.

WhatsApp atau yang sekarang kita sering sebut dengan “WA” menjadi aplikasi multifungsi: aplikasi chat individual, tempat kumpul komunitas online, tempat panitia berkoordinasi, tempat berkumpulnya wali kelas, dan bahkan ketika awal virus corona datang, WA jadi kelas virtual untuk para murid untuk koordinasi dengan guru dan wali kelas. Tanpa terasa, jika dihitung di aplikasi WA kita, ada banyak grup WA bukan? Lalu bagaimana solusi untuk lebih merapikan grup WA? Mari kita bahas WhatsApp Community.

2 Bentuk WhatsApp

Secara aplikasi memang cuma ada 2: WhatsApp biasa atau yang reguler dan WhatsApp Business. Tapi secara bentuknya, selain private chit-chat atau japri, setidaknya ada 3 bentuk atau kegiatan yang bisa dibentuk di WhatsApp

  1. WhatsApp Grup

    Sudah tidak asing ya? Baik di WhatsApp biasa dan WhatsApp business, keduanya memungkinkan kita untuk membuat grup. WhatsApp memungkinkan pembentukan grup di mana pengguna dengan role admin dapat mengundang beberapa orang untuk berpartisipasi dalam percakapan yang sama. Grup WhatsApp memungkinkan anggota untuk berbagi pesan, foto, video, dan dokumen dengan semua anggota grup.

  2. WA Community

    Ini yang jadi pembeda antara WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business, karena hanya WhatsApp biasa yang bisa membuat WhatsApp Community. Sederhananya WA Community bisa kamu gunakan untuk mengelola grup. Ibaratnya grup dalam grup. Tapi perlu dicatat bahwa kamu hanya bisa menambahkan grup yang mana kamu adalah adminnya.

Group Announcement

Mungkin kamu bertanya, apa bedanya ketika mengelola grup dalam bentuk standar dibandingkan dengan WhatsApp Community? Nah Ini yang jadi pembeda dengan WhatsApp Group, karena begitu membuat WhatsApp Community, otomatis ada 1 group baru yang digunakan admin untuk bisa memberikan pengumuman yang ditujukan kepada semua pengguna di dalam grup di komunitas itu. Ini berguna untuk menyampaikan informasi penting kepada seluruh anggota grup dengan cepat, tidak perlu lagi masuk satu per satu ke grup.

Features

Banyak fitur WhatsApp yang diduplikasikan di WhatsApp Business, banyak fitur private chat diduplikasikan di group chat. Termasuk banyak fitur WhatsApp Grup yang juga bisa dilakukan di WhatsApp Community. Berikut beberapa fiturnya:

  1. Group Communication

    WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membentuk grup dengan anggota yang sama minat atau tujuan. Ini dapat menjadi cara yang efisien untuk berkomunikasi, berbagi informasi, berdiskusi, atau mengatur acara dengan anggota komunitas yang lebih luas.

  2. Multimedia Sharing

    Dalam grup WhatsApp, pengguna dapat berbagi foto, video, dan dokumen dengan anggota lainnya. Ini memungkinkan anggota komunitas untuk berbagi momen, berdiskusi tentang konten tertentu, atau memperoleh informasi yang relevan dengan lebih mudah.

  3. Voice Notes & Group Call

    Selain pesan teks, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengirim pesan suara serta melakukan panggilan suara atau panggilan video dalam grup. Fitur ini dapat digunakan untuk diskusi yang lebih interaktif atau rapat jarak jauh dalam komunitas.

  4. Open Grup (Free to Join)

    Pengguna dapat membuat grup WhatsApp terbuka di mana orang dapat mengunduh undangan grup dan bergabung secara mandiri alias tidak diundang. Ini dapat membantu membangun komunitas yang lebih luas dan memperluas jangkauan komunikasi. Sering juga digunakan untuk campaign marketing dalam rangka mendapatkan database customer yang lebih banyak.

  5. Admin Setting

    Untuk kamu yang biasa jadi admin, sudah terbiasa dengan kontrol untuk mengatur aturan dan pengaturan grup, seperti mengundang anggota baru, menghapus anggota, mengubah nama grup, atau mengatur tampilan dan notifikasi. Ini memungkinkan admin untuk mengelola komunitas dengan lebih baik.

Jadi, tetap stay mengelola banyak grup secara tradisional atau mau mencoba hal baru dengan WhatsApp Community? Tidak ada ruginya mencoba, selamat mencoba!

Share This

Share This

Share this post with your friends!