Sebelumnya sudah pernah sharing tentang profesi jaman now yaitu digital talent yang memang jadi sasaran para perusahaan digital, startup, dan perusahaan-perusahaan yang menerapkan transformasi digital. Dalam suatu komunitas, jelas kita tidak hanya mengedepankan soft skill dan hard skill saja, diperlukan personality yang baik dan faktor lainnya supaya menjadi kaffah.

Umumnya kamu belajar di sekolah, lembaga pendidikan, atau kursus private yang harus tatap muka langsung alias offline. Dengan belajar di online course, kamu lebih fleksibel. Fleksibel dalam mencari topik yang paling sesuai denganmu, fleksibel memilih kapan belajarnya, fleksibel dimana memutar video pembelajarannya. Pilah pilih dan belajar dengan format yang paling nyaman. Tinggal subcribe, lalu mulai belajar!

YouTube

Ya, mungkin kamu berpikir “yaa ini mah ya jelaslah aku tahu”. Memang begitu, sangat banyak creator yang “turun gunung” membagikan ilmunya dengan membuat video edukasi dan dipublikasikan di YouTube. Mulai dari yang sudah profesional, perwakilan brand atau perusahaan, guru atau dosen, freelancer, sampai sesama awam yang sembari belajar sekaligus sharing apa yang dipelajari.

Tidak sedikit kamu menemukan channel yang materi videonya runut, sistematis, bahasa dan case studynya mudah dipahami plus implementatif. Jika kamu sekarang hanya menggunakan YouTube untuk mencari hiburan, coba untuk mulai cari skill yang ingin kamu kuasai, insya Allah banyak sekali, tinggal pilih yang pas dengan gaya belajarmu.

Coursera

Kamu sering merasa takjub dan istimewa ketika melihat lulusan dari universitas top global seperti Stanford, Princeton, dan lain-lain. Daripada takjub dengan alumninya, kenapa kita tidak belajar dari sumber yang sama, bisa dilakukan secara online pula. Di Coursera kamu bisa mengakses banyak course dari berbagai universitas top dunia secara cuma-cuma. Walaupun menggunakan bahasa inggris, tapi tenang, bahasanya mudah dipahami ala akademisi.

Khan Academy

Dibanding yang lain, Khan Academy rasanya yang lebih pertama rilis pada 2008 yang didirikan oleh sang founder Salman Khan sebagai not-for-profit educational organization yang misinya menyediakan edukasi level dunia yang gratis untuk siapa saja dan dimana saja. Banyak variasi video course yang bisa kamu dapatkan, dan bisa jadi kamu menemukan insight baru dan semakin mengembangkan skillmu karena Khan Academy akan menampilkan video-video yang relate dengan apa yang kamu cari.

Google

Kamu tidak salah baca, ini adalah google si mesin pencari. Justru karena dia eksis lama di dunia digital dan memang setiap periodenya semakin membesar perusahaan dan tentunya membutuhkan talenta-talenta digital. Dari situ, google merasa perlu memberikan pengetahuan-pengetahuan yang memang dibutuhkan oleh industri, pastinya berdasarkan pengalaman mereka mengelola ribuan digital talents. Begitu sampai di halaman course-nya, langsung akan terpampang statement “Learn the skills of the future”, sangat menarik dan membuat tertantang bukan?

Udemy

Online course yang diakses hampir 100 juta pengguna per bulan (data berdasarkan similarweb) juga merupakan salah satu sumber belajar online yang direkomendasikan. Udemy menyediakan course berbayar dan ada juga yang gratis. Untuk kamu yang tertarik dengan dunia pemrograman alias nantinya ingin berkarir sebagai programmer top coder, data analyst, mobile developer, product manager, UX designer, dan masih banyak lagi, course ini cocok karena menyediakan banyak course yang mendukung kamu mewujudkan talenta impianmu.

Layaknya buku yang dibeli tapi tidak dibuka, maka kamu hanya mempunyai referensi tapi itu belum masuk ke otak, pikiran, logika yang berujung kreasi yang diapresiasi. Berlaku juga untuk online course yang tidak akan berdampak apa-apa jika kamu hanya subscribe tapi tidak menonton, mempelajari, dan mempraktekkannya. Ingat, kita ini sedang belajar untuk berkarya, bukan sedang koleksi buku atau online course.

Share This

Share This

Share this post with your friends!