Kamu mempunyai gadget yang sudah outdated? Gadget yang masih nyala, bisa terkoneksi dengan internet, tapi sudah tidak kompatibel dengan software terbaru. Tidak asing ya, tapi jangan khawatir, ternyata gadget tersebut masih ada harapan dan masih bisa difungsikan. Sekali lagi, selama bisa terkoneksi dengan internet, insya Allah kita bisa mengoptimalkan gadget jadul kita.

Kata kuncinya adalah “back to basic”, banyak hal sederhana yang tetap bisa dilakukan secara optimal di gadget kita menggunakan bloatware atau yang biasa kita sebut dengan “aplikasi bawaan”. Lalu apa saja dan bagaimana tahapannya mengoptimalkan gadget jadul kita? Simak terus artikel ini.

Optimalkan Storage

Gadget lama seringkali memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Salah satu cara untuk mengoptimalkannya adalah dengan meringankan beban penyimpanan. Kamu bisa memulainya dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, membersihkan cache, dan menghapus file tidak penting seperti foto duplikat, video, atau dokumen lama.

Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Memperbarui sistem operasi dan aplikasi ke versi terbaru bisa meningkatkan keamanan dan performa gadget. Bagi pemilik gadget lama,update terbaru mungkin tidak selalu kompatibel, karena sekarang aplikasi sudah tergantung pada sistem operasinya. Misal aplikasi A baru bisa di-install atau update dengan syarat sistem operasi smartphone-nya sudah di versi tertentu. Untuk itu, pastikan hanya menginstal pembaruan yang cocok dengan versi gadget kamu.

Launcher yang Lebih Ringan

Khusus untuk pengguna Android, kita bisa mengubah launcher atau sederhananya adalah theme dari smartphone kita. Seringkali launcher yang di-download dari internet atau Google Play ukurannya sangat besar, berbanding lurus dengan efek animasi, custom icon, dan elemen visual yang ditampilkan. Solusinya kamu bisa mengganti dengan dengan versi yang lebih ringan atau bahkan menggunakan launcher bawaan alias default-nya.

Aplikasi Versi Lite atau Web App

Banyak aplikasi populer memiliki versi Lite yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Versi Lite ini membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih sedikit dan dirancang untuk menghemat data. Sudah banyak juga aplikasi yang sudah menyediakan versi web-nya atau disebut web app. Contohnya aplikasi WhatsApp, kamu bisa mengakses juga di browser tanpa harus download dan install. Memang secara fitur tidak akan selengkap versi utamanya, tapi aplikasi versi lite ini memang menawarkan fungsionalitas dasar dari versi aslinya tetapi dengan penggunaan sumber daya yang lebih efisien.

Pengaturan Ulang

Jika gadget mulai terasa sangat lambat, pertimbangkan untuk melakukan pengaturan ulang ke pengaturan pabrik atau factory reset. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi, memberikan kesempatan untuk memulai dari awal dengan hanya aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan. Cara ini lebih mudah dibandingkan harus memilah, memilih dan menghapus satu per satu aplikasi. Tapi jangan lupa sebelum melakukan factory reset, backup terlebih dulu data-data kamu.

Optimalkan Baterai

Kesehatan baterai sangat penting untuk menjaga agar gadget lama tetap bisa digunakan sepanjang hari. Percuma kita ingin memfungsikan kembali gadget lama kita tapi ternyata malah membuat susah kita karena baterai bermasalah: lama di-charge, boros, atau parahnya sudah tidak bisa di-charge. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai dapat membantu memperpanjang umur baterai.

Pemanfaatan Gadget Jadul

Ini dia pamungkasnya, gadget jadul atau lama yang kita miliki masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, meskipun mungkin tidak secepat atau seefisien gadget terbaru. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memanfaatkan gadget jadul:

  1. Pemutar Musik atau Podcast: Gadget lama bisa diubah menjadi pemutar musik atau podcast khusus. Ini bisa berguna saat berolahraga, bekerja di rumah, atau bahkan saat dalam perjalanan.
  2. Remote Control: Banyak gadget lama yang mempunyai sensor infra merah yang bisa difungsikan sebagai remote control untuk berbagai perangkat di rumah, seperti TV, sistem audio, atau bahkan sebagai remote untuk presentasi.
  3. E-book Reader: Menggunakan gadget lama sebagai e-book reader adalah cara yang bagus untuk membaca buku digital tanpa harus membeli e-book reader khusus. Aplikasi baca buku banyak tersedia dan bisa diinstal di gadget lama.
  4. Alat Bantu Latihan: Instal aplikasi latihan atau yoga dan gunakan gadget lama sebagai panduan latihan pribadi. Ini bisa sangat berguna untuk menjaga rutinitas latihan tanpa terganggu oleh notifikasi atau panggilan. Misal alat bantuan latihan olah raga, latihan bahasa asing, dan lainnya.
  5. GPS atau Alat Navigasi: Gadget lama tetap mempunyai sensor satelit untuk menunjukan lokasi dan menampilkan peta. Jadi gadget lama bisa dimanfaatkan sebagai GPS khusus di motor atau mobil.
  6. Alat Bantu Pekerjaan Sederhana: Gadget lama bisa dijadikan alat untuk membaca dokumen, mengirim email, menghitung, membuat dokumen teks atau bahkan untuk monitor extension..
  7. Kegiatan Hobi: Jika kamu memiliki hobi seperti memainkan musik, gadget lama bisa dijadikan metronom atau alat untuk melihat chord lagu. Untuk fotografi, bisa digunakan untuk mengontrol kamera DSLR secara remote.

Memaksimalkan penggunaan gadget jadul tidak hanya ekonomis tapi juga ramah lingkungan karena mengurangi limbah elektronik jika membuangnya menjadi sampah. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa mengubah gadget lama menjadi alat yang berguna dan fungsional.

Share This

Share This

Share this post with your friends!