Pada sebuah pembelajaran, idealnya yang diperhatikan bukan hanya soal materi yang disampaikan. Untuk dapat mengukur kemampuan siswa agar memastikan telah sesuai dengan indikator capaian, guru perlu melakukan evaluasi pembelaajran. Bila dalam pembelajaran di sekolah guru dapat mendominasi evaluasi pembelajaran dengan memberi peserta didik mengerjakan soal, pada pembelajaran jarak jauh guru bisa mendorong peserta didik untuk melakukan aktivitas hingga membuat karya yang dapat menunjukkan tingkat pemahaman mereka pada materi yang disampaikan. Oleh sebab itu, media pembelajaran yang direkomendasikan pada table sebelumnya juga dapat menjadi pertimbangan dalam mengajak peserta didik dalam melakukan aktivitas.
Berikut adalah contoh dan rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan peserta didik dalam evaluasi pembelajaran:
No | Materi | Evaluasi |
1. | Rantai makanan | Siswa membuat poster rantai makanan dan mempresentasikannya melalui video, dan diposting di social media. Jadi ortu hanya perlu mengirim tautan (link) postingan tersebut agar dapat diakses guru, sekaligus apresiasi dan memberi wadah tampil pada peserta didik. |
2. | Dongeng, story telling. | Peserta didik menelepon guru mata pelajaran untuk menyeritakan kembali dongeng yang ia baca menggunakan Bahasa mereka sendiri. |
3. | Tahsin | Peserta didik mengirimkan voice note atau pesan suara yang berisi praktik membaca ayat Alqur’an, dan diberikan kesempatan untuk berlatih dulu sehingga pesan suara yang dikirim dapat maksimal. |
4. | Bangun ruang | Siswa mengumpulkan 5 barang yang ada di rumah, lalu menjelaskan bentuk dari benda tersebut dan mengukur keliling benda. Aktivitas ini dapat ditunjukkan pada guru dengan mengirimkan video. |
5. | Bilangan decimal dan persen | Siswa mencari gambar poster supermarket yang berisi daftar harga promo (harga awal dan harga setelah promo), lalu menjelaskan besaran persentase diskon yang ada pada barang tersebut. |
Tabel 2: Materi dan evaluasi pembelajaran
Sama seperti table pertama, tabel kedua ini juga hanya berupa contoh dan rekomendasi. Guru dapat mengembangkan ide terkait aktivitas yang harus dilakukan peserta didik sebagai evaluasi pembelajaran. Pada prinsipnya, evaluasi pembelajaran berbasis aktivitas ini digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman peserta didik terhadap materi. Hal ini dapat terjadi karena peserta didik melakukan aktivitas dengan menyenangkan walaupun hasil akhirnya berupa penilaian. Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengisi waktu peserta didik selama masa self distancing dan menyiptakan interaksi berkualitas antara peserta didik dan orang tua selaku pendamping belajar.
Inti dari pembelajaran jarak jauh adalah pertimbangan kemudahan akses pada peserta didik, sehingga pemahaman pada materi pembelajarannya juga dapat maksimal. Guru harus berani mengkreasikan media dan evaluasi pembelajaran, dengan memertimbangkan peran orang tua sebagai pendamping belajar siswa.
Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek (aktivitas) ini sudah banyak dilakukan di berbagai negara, dan diklaim sebagai pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Jika model pembelajaran ini sudah dicoba pada masa pembelajaran di rumah, besar kemungkinan pula guru dapat mencoba langsung saat peserta didik sudah dapat melakukan pembelajaran efektif di sekolah.